Sunday, July 27, 2014

4 Fakta yang Harus Anda Tahu tentang Diabetes




 Sekali mengidapdiabetes, maka Anda akan hidup bersamanya. Tentu Anda bisa mengendalikannya dan terus berusaha menerapkan pola hidup sehat, tapi ia akan selalu ada dan Anda akan selalu berhati-hati dengan diet dan tingkat kesehatan Anda. Siapapun dapat mengidap diabetes dengan perubahan pola makan dan gaya hidup. 

Alasan genetik adalah faktor lain yang membuat Anda menderita diabetes. Kabar baik dari semua kabar buruknya, adalah fakta bahwa diabetes bisa dicegah, bahkan jika orang tua Anda mengidapnya. Anda harus mulai membuat perubahan dalam hidup untuk membebaskan diri dari diabetes. Inilah fakta tentang diabetes yang harus Anda tahu.



1. Tidak banyak orang yang sadar, hingga akhirnya terlambat sudah
Jika Anda merasa bahwa Anda ada dalam kemungkinan resiko mengidap diabetes, atur pola makan Anda, gaya hidup, pastikan Anda mengecek darah Anda tiap dua bulan sekali untuk cari tahu adakah bibitdiabetes di dalamnya. Anda tentu tak mau terlambat tahu, kan? Garis bawahi bahwa diabetes bisa diatasi dengan makanan yang benar, olah raga, dan sedikit pengobatan.

2. Diabetes akan memancing penyakit hati dan kebutaan
Diabetes yang tak dikendalikan akan membuat hati bermasalah dan bisa menyebabkan kebutaan. Maka, cek kadar gula Anda dengan rutin. Jangan menyerah pada godaan. Jangan rusak diet Anda!

(Baca juga: 5,7% Penduduk Indonesia Idap Diabetes Tipe 2)

3. Berhati-hatilah dengan luka yang terbuka ketika Anda diabetes
Luka yang terbuka, tidak dibalut, juga harus menjadi perhatian Anda. Luka ini menghabiskan waktu lama untuk sembuh dan ada kemungkinan besar Anda akan terinfeksi. Terutama lengan kakilah yang rentan dengan masalah ini. Selalu pakai alas kaki ketika keluar rumah. Jikapun tak memakainya, pastikan Anda cuci kaki dengan hati-hati setelah masuk rumah.

4. Jika obesitas menyebabkan diabetes, Anda bisa memilih operasi bariatrik.
Bariatrik atau operasi penurunan berat badan adalah cara yang baik untuk mengontrol diabetes jika Anda termasuk pengidap obesitas. Kontrol ke dokter jika itu menjadi pilihan terakhir Anda untuk mengatasi penyakit komplikasi lainnya.

Diet yang tepat dan olah raga tidak hanya berguna untuk menjaga tingkat diabetes Anda, tapi juga membantu Anda untuk bertahan dalam waktu yang lama. Makan yang sehat, hidup yang sehat.(magforwomen)

No comments:

Post a Comment